Pilih Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4×4 atau Toyota Fortuner 4×4?

Pilih Pajero Sport Dakar 4×4 atau Fortuner 4×4? Pertanyaan gampang tapi susah dijawab. Gampang karena sebetulnya tinggal lakukan test drive, dan pilih yang lebih disukai. Selesai. Susah karena keduanya menawarkan fitur yang mirip-mirip. Harganya pun beda tipis. Apalagi kalau Anda bukan fanatik merek Mitsubishi atau Toyota, bisa bimbang menentukan pilihan. Maka, kami coba jabarkan sejumlah detail untuk membandingkannya. Khususnya dari segi performa 4×4-nya dan kelengkapan fitur pendukungnya.

PERFORMA

Pajero Sport Family Gathering

Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4×4 menggendong mesin 4N15 2.4L MIVEC dengan semburan tenaga 181 PS pada 3.500 rpm dan torsi 430 Nm pada 2.500 rpm. Output itu disalurkan melalui transmisi otomatis 8-speed. Sedang Toyota Fortuner 4×4 VRZ A/T didukung jantung mekanis 2GD FTV 2.4L VNTurbo berdaya 149 PS pada 3.400 rpm dan torsi 400 Nm pada 1.600 – 2.000. Transimisnya otomatis 6-speed dengan dukungan paddle shift. Dari situ sudah bisa dilihat output Pajero Sport lebih unggul, ditambah transmisi yang sudah 8-speed dan paddle shift di balik lingkar kemudi.

Soal kemampuan 4×4. Pajero Sport Dakar menawarkan mode off road dengan Super Select 4WD II. Modenya ada gravel, mud/snow, sand dan rock. Cukup serius. Sementara Toyota Fortuner 4×4 hanya menawarkan transfer case sederhana dengan pilihan high 4×2, high 4×4 dan low 4×4.

Fortuner

Keduanya memakai roda berukuran 18 inci, tapi ground clearance Pajero Sport lebih tinggi, 218 mm. Sedangkan Toyota Fortuner hanya 225 mm. Jadi soal melibas jalanan tak ramah, Fortuner 4×4 sedikit lebih diuntungkan.

FITUR

Soal fitur pendukung, ada cruise control untuk kedua mobil. Soal pengereman, baik Pajero Sport dan Fortuner, sudah memakai rem cakram di keempat rodanya. Dilengkapi juga dengan teknologi ABS dan EBD plus brake assist.

Dari fitur keselamatan atau safety, Pajero Sport kembali unggul. Ada tujuh kantung udara dalam kabin Pajero Sport sementara Fortuner hanya dual SRS Airbags di depan ditambah airbag lutut untuk pengemudi. Selain itu, Pajero Sport dilengkapi dengan electric parking brake, hill start assist, trailer stability assist untuk derek, active stability traction control dan off road traction control. Fortuner 4×4 VRZ juga dibekali vehicle stability control, hill assist control, downhill assist control dan active traction control.

HARGA

Harga Pajero Sport Dakar 4×4 Rp 655 juta. Sedang Fortuner 4×4 VRZ dibanderol Rp, 659.9 juta. Dengan harga sedikit lebih murah serta keunggulan performa dan kelengkapannya, Pajero Sport Dakar 4×4 jadi pilihan yang lebih bijak.

Leave a Comment